Friday, February 16, 2018

CONTOH LAPORAN UMUM PKL



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Diera keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi seperti pada saat sekarang ini, terbukti telah banyak menyumbang kan perubahanyang sangat signifikan dalam segala bidang. Perubahan itulah yang menuntut setiap individu agar lebih memperhatikan kualitas dan kemampuannya agar tetap dapat ikut bersaing dan menjadi bagian dari kemajuan zaman. Dunia bisnis berkembang dengan sangat pesat dan dengan tingkat persaingan yang sangat kompetitif.Tenaga kerja dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dibidangnya, serta memiliki daya saing yang kuat. Faktor manusia tetap merupakan unsur terpenting sebagai motor penggerak dari  kemajuan zaman dan teknologi.Untuk mencapai SDM (SumberDayaManusia) yang berkualitas tersebut perlu adanya ketekunan kerja, kemauan  belajar yang keras,serta dibarengi dengan doa sebagai pelengkapnya. Seiring dengan perkembangan ilmu  pengetahuan, arus informasi dan kemajuan teknologi, maka sebagai manusia kita dituntut untuk mengetahui dan menguasainya.
Oleh karena itu manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Agar SDM tidak tertinggal dan bisa terus berpacu untuk memperbaiki kualitas diri demi kemajuan kehidupan manusia itu sendiri. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebagai salah satu Instansi Pendidikan, dituntut untuk terus mendukung dan mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Pelaksanaan Job Training merupakan salah satu upaya untuk bekal menghadapi tantangan nyata akan ganasnya selektifitas dunia kerja. Sesuai kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi, mahasiswa diwajibkan menjalankan proses belajar melalui kegiatan Job Training di suatu perusahaan maupun instansi tertentu sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Job training merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan kegiatan perkuliahan di UIN SUSKA Riau.
Ini merupakan matakuliah wajib yang harus diselesaikan, sebab hal ini jug amerupakan salahsatu yang menjadi syarat kelulusan bagi setiap mahasiswa fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Bertujuan untuk mempersiapkan tenaga terampil yang diharapkan dapat terjunlangsung kedunia kerja, atas pertimbangan itulah Fakultas mengambil kebijakan dengan memberlakukan Job training sebagai salah satu dari aktivitas perkuliahan. Selain hal yang sudah dipaparkan di atas, dengan adanya Job Training mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan semua ilmu yang didapat di bangku kuliah kedalam lingkungan kerja sehingga secara tidak langsung hal tersebut dapat menjadi bekal ketika mahasiswa nantinya sudah benar- benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.
B.Ruang Lingkup
Penempatan magang di bagian Redaksi berita,tepatnyaa di Program, Buletin Indonesia Pagi dimana di bagian ini yang menentukan apakah suatu berita dapat di tayangkan atau tidaknya.
       I.            Bagian Redaksi ( Pembimbing : Bpk, Imamsyah Manuah)
1.      mengambil materi berita dan Input Vidio ID berita
2.      menyesuaikan materi dengan file zilla guna melihat bahan video ada atau tidak
3.      membuat atau menkoreksi OTS dan CG yang akan tampil pada layar televise
4.      print LEAD, guna untuk Pesenter, lead yang akan keluar pada Promter dibaca terlebih dahulu untuk persiapan.
    II.            Bagian MCR (Control Rom)
1.      Mengoperasikan Promter, dimana guna Promter ialah Teks LEAD yang dibaca Presenter yang sedang siaran berita baik LIVE maupun TYPING. Mengoperasika Promter harus mengikuti irama Presenter membaca Teks.
 III.            Liputan Lapangan
1.      Belajar Meliput berita dilapangan dengan Reporter, Cameramen dan team lapangan yang ada.

C. Tujuan
Adapun tujuan kegiatan job training yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.      Membina dan mempersiapkan ilmu pengetahuan mental dan etika bekerja serta menyesuaikan diri dalam menghadapi dan mengenal dunia kerja sesungguhnya.
2.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidangnya.
3.      Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan.
4.      Menimbulkan gairah kerja yang kuat.
5.      Mengembangkan kemampuan dan professional.
6.      untuk memperkaya ilmu pembuatan naskah berita
7.      untuk mengetahui proses siaran tapping dan live berita
8.      Sebagai salah satu syarat dan kewajiban mahasiswa yang akan menyelesaikan Pendidikan Strata I Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
D. Manfaat
Adapaun manfaat dari job training adalah sebagai berikut:
1.      Menambah wawasan dan pengetahuan penulis terhadap dunia kerja.
2.      Dapat meningkatkan pengalaman kerja bagi mahasiswa job training sebelum masuk langsung ke dalam dunia kerja.
3.      Membuat penulis termotivasi dalam dunia kerja.
4.      Penulis dapat membandingkan antara konsep atau teori yang dihadapi selama perkuliahan dengan kenyataan operasional di dunia kerja.
5.      Mengetahui segala tahap proses pembuatan berita
6.      Menambah skill penulisan berita
7.    Mengetahui Proses siaran tapping dan live berita, di MCR dan Studio
8.      Memperoleh peluang untuk dapat bekerja di perusahaan/instansi tempat mahasiswa melaksanakan job training, setelah memperoleh title kesarjanaan.














BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI
A.    SEJARAH SINGKAT LOKASI

iNewsTV adalah jaringan televisi lokal terbesar di Indonesia. Mengawali perjalanan hidupnya, pertama kali diluncurkan dengan nama SUN TV pada tanggal 5 Maret 2008. Siaran perdana SUN TV semula hanya dapat dilihat secara terestrial di beberapa jaringan televisi lokal di Indonesia serta melalui Indovision, Oke Vision dan Top TV. Seiring berjalannya waktu perubahan demi perubahan dilakukan. Sejak tanggal 26 September 2011, SUN TV berubah namanya menjadi SINDOTV yang merupakan perwujudan dari sinergi SINDO Media, bersama dengan SINDO Radio (Trijaya FM), Koran SINDO serta portal sindonews.com. Pada tanggal 23 September 2014 secara resmi Menteri Komunikasi dan Informatika RI memberikan izin stasiun jaringan bagi SINDOTV. Kemudian pada tanggal 6 April 2015, SINDOTV berubah menjadi iNewsTV yang merupakan singkatan dari Indonesia News Televisi. iNewsTV merupakan televisi nasional yang memiliki jaringan televisi lokal terbanyak di seluruh Indonesia. Dengan didukung jaringan yang luas ini, iNewsTV dipastikan akan mengangkat dan menonjolkan  konten lokal dari masing-masing daerah. iNewsTV akan menjadi stasiun televisi yang mengunggulkan program-program berita dan informasi yang cepat, akurat, informatif, mendidik serta menginspirasi. Untuk memperkuat keunggulannya sebagai televisi berita dan informasi, iNewsTV didukung oleh news centre dan news gathering terbesar di Indonesia.       Global TV dapat dikategorikan menjadi beberapa genre,  yakni : sinetron, musikklip, reality show, vareaty show, TV Magazine, teen animation, infotainment, newstainment, news, feature, sport, quiz/games, komedi, film, dan lain-lain. Dalam menyediakan program acara, global TV selain memproduksi sendiri programnya, juga membeli program dari production house.







B.  Visi
Menjadi stasiun ntelevisi Nasional yang berkelas dan layak ditonton bagi seluruh keluarga Indonesia.Media yang berkelas dan terfavorit ini memiliki makna:Memiliki kualitas yang baik dalam hal materi dan penyajian program hiburan dan informasi. Penyajikan program-programnya memperhatikan keseimbangan faktor bisnis dan tanggung jawab sosial. Menjadi stasiun televisi yang paling digemari dan yang menjadi pilihan para “stakeholder”(karyawan pemirsa, pengiklan, pemegang saham, pemasok, pesaing, perusahaan afiliasi, mitrastrategis, masyarakat, dan penyelenggara Negara). 

C. Misi
Bersama menyajikan dunia hiburan & Informasi yang berwawasan global dengan program–program pilihan terlengkap bagi keluarga Indonesia yang dinamis, kreatif dan inspiratif. FondasiUtama: Kebersamaan untuk keluarga Indonesia Berjiwa muda Seru. Proses kerja dilakukan dengan penuh semangat jiwa mudadan rasa kekeluargaan untuk mencapai hasil yang berkualitas yang dapat dinikmati seluruh keluarga Indonesia.
D.Tugas Pokok dan Fungsi
Asisten Produksi/TIM PRODUKSI adalah pembantu menejer produksi yang bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi di lapangan selama praproduksi dan proses produksi berlangsung







E.Struktur Organisasi
 


























BAB III
LAPORAN KEGIATAN
A.    Jadwal dan Hasil Kegiatan

No.
Jenis Kegiatan
Tanggal Pelaksanaan
Pembimbing Magang (Sertakan nama & Jabatan)
1.
·      Perkenalan dengan karyawan dan bidang kerja magang
·      Belajar membuat OTS dan CG
2 s/d 4 Oktober 2017

Adjat Wiratma
Executive Produser MNC
2.
·      Membuat OTS dan CG  berita
·      Input Video ID
·       Melihat proses siaran berita di MCR/Studio
·      Prompter Naskah
7 s/d 18 Oktober 2017


Adjat Wiratma
Executive Produser MNC
3.
·   Ambil materi berita
·   Membuat OTS dan CG berita
·   Input Video ID berita
·   Siaran Live berita di MCR/Studio sambil pegang naskah prompter
·    menulis naskah berita
·   Pengiriman Naskah di KordaGtv
·   Buat Rundown
21 s/d 31 Oktober 2107



Adjat Wiratma
Executive Produser MNC
4.
·   Memberikan CG
·   Input Video ID
·   melihat proses siaran berita di MCR/Studio
·    menulis naskah
·   Mencari berita viral di Media
·   Pengiriman Naskah di KordaGtv
·   Menginput gambar untuk dikirim ke Tim Grafis
1 s/d 15 November 2017





Adjat Wiratma
Executive Produser MNC
5.
·   Memberikan CG
·   Input Video ID berita
·   melihat proses siaran berita di MCR/Studio
·    menulis naskah Mencari berita viral di Media
·   Mencari movie yang “coming soon” di Youtube
·   Pengiriman Naskah di KordaGtv
·   Menginput gambar untuk dikirim ke Tim Grafis
·   Live di berita dan pegang prompter naskah
·   Membuat cuaca dan Qoute
18 s/d 22 November 2017









Adjat Wiratma
Executive Produser MNC

·   Ambil materi berita
·   Input Vidio ID berita
·   Membuat OTS dan CG
·   Dokumentasi di Studio
·   Menyusun Rundown berita
·   Print lead naskah
·   Membuat cuaca dan Qoute
·   Typing program sigap
·   Live berita indonesia siang dan ngeprompter naskah
25 s/d 30 November 2017











Adjat Wiratma
Executive Produser MNC










Gambar kegiatan :
Saat input OTS dan CG
foto tidak tersedia
Input video ID
foto tidak tersedia
Membuat naskah di Korda MNC NEWSfoto tidak tersedia
Mengirim gambar ke tim Grafis
foto tidak tersedia



BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.   Redaksi MNC NEWS merupakan tempat untuk produksi berita, baik news maupun infotainman yang disajikan untuk penonton sesuai dengan kebutuhan penonton.
2.   Penulisan dapat memahami interaksi kerja dengans inergi kerja dan mengenal dunia kerja yang sesungguhnya dalam bidang pekerjaan khususnya sebagai kru yang terlibat dalam produksi berita.
3.   Diperlukan kerjasama tim yang baik untuk menyelesaikan suatu program berita yang akan ditayangkan, serta didukung kemapuan dan kreatifitas individu agar menjadi sesuatu hal yang menarik.
4.   Koordinasi setiap bagian merupakan hal yang sangat penting agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat sasaran dan tepat waktu.
Dari pengalaman yang penulis dapat, kurang lebih dalam kurun waktu 2 bulan, penulis banyak mendapatkan ilmu. Mulai dari naskah mentah yang diolah menjadi sebuah berita, penginputan video id serta bagaimana berita itu disiakan. Baik siaran typping maupun siaran live. Penulis mendapatkan tambahan skill dalam penulisan berita. Pembelajaran tersebut tentu akan menjadi bekal untuk penulis saat menjadi tenaga kerja yang professional.

B.     Saran
Dalam pemberitaan diharapkan agar tetap berimbang dan kredibel, menyampikan berita dan informasi yang benar ke penonton. Dan kemasan berita agar lebih variatif dan mempunyai ciri khas yang mudah diingat oleh pemirsa/penonton Memberikan konsep yang innovatif hingga tidak terkesan mengadaptasi konsep yang sudah ada, agar dicintai pemerisa dengan penyajiannya yang menarik , tanpa melupakan unsur dan esensi sebuah berita.




Lampiran
LAMPIRAN FOTO KEGIATAN
Ruang MCR (Master Control Room) MNC NEWS

 
Ruang Studio 01 Buletin Indonesia Pagi
Menyusun Rundown,OTS dan CG berita



Team Produksi Program Buletin iNews Pagi



No comments:

Post a Comment