Friday, February 16, 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Shalat Dalam Keadaan Darurat



 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Shalat Dalam Keadaan Darurat



Oleh
Riki Prasetia
NIM: 11411103099


PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUSKA RIAU
2017




Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah
:
MTS DAR EL-HIKMAH
Mata Pelajaran
:
FIKIH
Kelas/Semester
:
VII GANJIL
Materi Pokok
:
SALAT DALAM KEADAAN DARURAT
Pertemuan ke-
:
1
Alokasi Waktu
:
7 menit

A.      Kompetensi Inti (KI-1, KI-2, KI-3, KI-4)
K 1           : Menghayati dan Menghargai Ajaran Agama Yang Dianutnya

K 2           : Menghargai dan Menghayati Perilaku Jujur, Disiplin, Tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

K 3           : Memahami dan MenerapkanPengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait penomena dan kejadian tampak mata.

K4            : Mengolah, Menyaji, dan Menalar dalam Ranah Kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstarak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

a.       Meyakini kewajiban  shalat dalam berbagai keaadaan
b.      Membiasakan diri berprilaku tertip sebagai inplementasi dari pemahaman tentang kafiat salat wajib  dalam dalam berbagai keadaan
c.       Memahami kafiat salat dalam berbagai keadaan
d.      Meragakan salat dalam keadaan sakit
a.       Menjeaskan keadaan salat dalam berbagai keadaan
b.      Menyebutkan sebab-sebab salat dalam berbagai keadaan


Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat


C.       Tujuan Pembelajaran :
1.       Siswa mampu menjelaskan salat dalam berbagain keadaan.
2.      Siswa menyebutkan sebab-sebab salat dalam keadaan darurat
3.      Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat

D.      Materi Pembelajaran 
1.      Salat dalam keadaan darurat adalah salat yang dilakukan dengan keadaan tidak memungkinkan untuk melakukannya secara sempurna sesuai dengan rukun salat
2.      Sebab-sebab melakukan salat dalam keadaan darurat meliputi beberapa hal seperti melakukan salat dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk melakukannya dengan secara sempurna seprti dalam keadaan sakit dan dalam keadaan didalam perjalanan atau dalam kendraan. Halitu sesuai dengan hadis rasulullah swa. Berikut :  
سُئِلَ النبيِ صَلىَّ اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ عَنِ الصَّلاَةِ فِي السَفِيْنَةِ قاَلَ:صَلِّ فِيهَا قَائِماًاِلاَّ اَنْ يَخَافَ الغَرَ قَ. (روه الدّار قطنى)
Artinya :
‘’ Rasulullah saw. Ditanya oleh seorang sahabatnya. Bagaimana cara saya salat didalam perahu(kapal) ? beliau bersabda, ‘’salt didalam perahu itu dengan berdiri, kecuali kalau kamu takut tenggelam’’. (HR. Ad-Daruquthni).
3.       
E.       Strategi/Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab
F.        Media, Alat dan Sumber Belajar : power point
1.      Guru menampilkan gambar teknik cara salat dalam keadaan darurat
2.      Siswa diminta untuk mangamati gambar tang ada dalam power point
3.      Guru menjelaskan dan menyimpulkan materi bersama siswa
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  

No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan


-          Memberisalam
-          Menanyakan kabar
-          Absen
2 menit
2
Kegiatan Inti


-          Menampilkan gambar tekhnik salat dalam keadaan darurat
-          Menampilkan pengertian dan landasan hukum melakukan salat dalam keaadaan darurat
-          Menampilkan tata cara melakukan keadaan salat dalamkeadaan darurat
-          Menyimpulkan materi yang ada dalam power point
5 menit
3
Penutup


-          Memberikan tugas materi pembelajaran
-          Baerdo’a sesudah belajar
1 menit






H.      Penilaian
1.    Sikap spiritual (pembiasaan/lembar observasi)
2.    Sikap sosial (pembiasaan/lembar observasi)
3.    Pengetahuan (Tes)
4.    Keterampilan (Kinerja).


Mengetahui,
Kepala Sekolah/Madrasah


.........................................

......................, ...........

Guru Mata Pelajaran


....................................


Catatan:
Pendekatan Saintifik:
1.      Mengamati
2.      Menanya
3.      Mengeksplorasi
4.      Mengkomunikasi
5.      Mengasosiasi

PPT TENTANG SHALAT DALAM KEADAAN DARURAT KLIK DISINI


No comments:

Post a Comment